Mendapatkan BPJS Dan BLT Sejahterakan Masyarakat ?

Mendapatkan BPJS Dan BLT Sejahterakan MasyarakatPengobatan gratis yang diprogramkan pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tidak menjadi solusi kesehatan masyarakat, malah meninabobokkan karena masalah semakin banyak yang timbul.
Hal itu dikatakan Pemerhati Kesehatan drg Mangasa Marpaung, Kamis (27/11) di Puskesmas Griya Martubung Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan menanggapi rendahnya pelayanan para medis terhadap pasien saat ini.
Menurutnya, yang utama harus direalisasikan pemerintah adalah penyehatan ekonomi masyarakat. Sebelum penyehatan ekonomi, masyarakat harus lebih dulu disehatkan jiwa raganya sehingga dapat melakukan aktivitas untuk mendapatkan penghasilan.
Untuk menyehatkan ekonomi, masyarakat diajak mandiri bukan meninabobokkan dengan Program BPJS karena tidak semua mau pengobatan gratis tetapi harus diberikan upaya kesejahteraan. "Sehat ekonomi sehat pulah badan," kata Mangasa.
Dengan sehatnya ekonomi masyarakat maka pelayanan para medis semakin baik. "Kalau kita bandingkan dengan pelayanan di masa lalu di mana para medis berjuang untuk menyembuhkan pasien, sekarang pelayanan sudah
menurun. Meski pasien yang membayar mahal belum tentu mutu pelayanan para medis baik. Apalagi pengobatannya gratis semakin buruklah pelayanan kesehatan itu," sebutnya.
Untuk itu dia meminta pemerintah harus memprogramkan penerima pengobatan gratis itu adalah yang benar-benar miskin supaya penggunaan dana kesehatan itu tidak salah sasaran.
Sikap senada dikemukakan pengamat sosial Luhut Sitanggang SH. Dia mengaku sangat menyayangkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak tepat sasaran karena sebagian penerimanya justru yang tingkat sosialnya bukan kategori miskin.
"Saat mengambil (dana BLT) di Kantor Pos itu ada yang menggunakan sepeda motor, merokok yang mahal, ibu-ibu pakai perhiasan emas, mengenakan pakaian mahal, dan sebagainya. Dengan dana BLT sebesar Rp400.000 itu sebenarnya tidak punya arti buat masyarakat karena kebutuhan hidup saat ini tergolong tinggi," katanya.
Menurutnya, solusi agar warga yang miskin dapat dana bantuan dari pemerintah, harus dibuat program kerja sistem padat karya supaya masyarakat tidak malas dan mau bekerja, sebab pekerjaan ada," kata Luhut.
Saat ini di kota-kota besar di Indonesia menumpuk sampah sehingga menjadi masalah. Masyarakat itu dipekerjakan memungut sampah, lalu ditimbang sampah yang dipungutnya kemudian dibayar per kilogramnya.
"Dampak positifnya kota menjadi bersih, masyarakat juga terangkat taraf ekonominya karena diberi pekerjaan," tambahnya. Selain itu, masyarakat digerakkan untuk membersihkan parit, got, dan saluran air di kota-kota besar yang pada umumnya mampet (tersumbat). Warga diberi diberi upah per meter membersihkannya sesuai standar.
"Banyak lagi pekerjaan padat karya yang dapat diciptakan pemerintah sehingga masyarakat itu tidak dimanjakan dengan program-program bantuan langsung," ujarnya. (DP)
Labels: Aplikasi BPJS, BPJS Kesehatan, Program BPJS, Rumah Sakit BPJS

Thanks for reading Mendapatkan BPJS Dan BLT Sejahterakan Masyarakat ?. Please share...!

0 Comment for "Mendapatkan BPJS Dan BLT Sejahterakan Masyarakat ?"

Back To Top